Green Living, Gaya Hidup atau Tren?

Green Living, Gaya Hidup atau Tren?


          Green Living dikenal sebagai hidup sadar lingkungan. Hidup sadar lingkungan hadir ketika kita memahami peran kita di lingkungan tempat tinggal. Kepedulian akan diri, keluarga, lingkungan dan masyarakat secara umum merupakan hal terpenting dalam upaya penghematan energi.
Terjadinya peningkatan kesadaran masyarakat dunia termasuk Indonesia akan pentingnya kualitas lingkungan yang lebih baik membuat istilah Green living menjadi sangat populer, bahkan seperti sudah menjadi gaya hidup di negara-negara yang maju. Masyarakatnya sudah sangat menyadari akan pentingnya lingkungan hidup yang sehat. Green Living, bukanlah sebuah tren saja. Green Living adalah bagian dari keperdulian terhadap lingkungan tempat tinggal. Mulailah dari hal terkecil, lakukan sesuatu yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengurangi penggunaan kendaraan bermotor,cmenghemat listrik, membuang sampah pada tempatnya, menghemat air, mengurangi penggunaan plastik, menghemat kertas, dan sebagainya.

Green Building         

      Konsep Green Living bisa diterapkan untuk konsep pemukiman baik sekarang ataupun di masa depan dengan cara menggabungkan prinsip Green Building yang menyatukan antara alam dan pembangunan pemukiman. Apabila konsep ini diterapkan, tentunyaakan menjaga kelestarian lingkungan tanpa melupakan tujuan utama dari pembangunan pemukiman. Pembangunan yang mementingkan kelestarian lingkungan akan membuat penduduknya harus hidup selaras dengan lingkungan demi menciptakan pembangunan yang berkelanjutan. 

Green Transportation

   Konsep Green Living bisa diterapkan untuk mengatasi permasalahan transportasi di perkotaan. Dengan adanya prinsip Green Transportation diharapkan dapat mengurangi pemakaian bahan bakar oleh kendaraan bermotor. Upaya untuk merealisasikannya dapat mengurangi besarnya pemakaian kendaraan pribadi, selain itu agar masyarakat  untuk terbiasa menggunakan transportasi umum untuk mengurangi angka kemacetan terutama di perkotaan,seperti Ibukota DKI Jakarta.

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Green Living, Gaya Hidup atau Tren?
Ditulis Oleh Vshaa
Berikanlah komentar atas artikel ini. Salam dari Kami, Team dari SMAN 1 Kediri
Comments
3 Comments