Green Tips: Hemat Energi di Dapur

Green Tips: Hemat Energi di Dapur


       Hemat energi merupakan salah satu cara menghemat pengeluaran keluarga. Hemat energi dapat kita lakukan dari hal-hal kecil di rumah,misalnya di dapur. Dapur merupakan ruang pengolahan bahan makanan yang digunakan setiap hari.
Semua penghuni rumah juga biasa menggunakan perangkat yang ada di dapur. Di dapur pengolahan bahan makanan tersebut memerlukan air, api, listrik, gas, dan bahan bakar lainnya. Penggunaan peralatan, sumber daya, dan bahan bakar dengan tepat, tentunya dapat  menghemat energi dan biaya di rumah.  Kesadaran untuk hemat energi berarti turut ikut serta mendukung program pemerintah untuk menjaga ketahanan energi nasional. Sebenarnya hal-hal kecil yang sering kita abaikan ternyata bisa  menghemat energi. Green Tips kali ini akan membagikan tips untuk menghemat energi di dapur, antara lain:

1. Menyalakan Kompor Seperlunya Saja


          Jangan menyalakan kompor jika anda belum meletakkan panci atau wajan di atas kompor atau belum menyiapkan bahan makanan yang akan dimasak. Meminimalisir waktu penggunaan kompor dapat menghemat energi secara signifikan. Memanaskan makanan, tidak perlu menggunakan microwave melainkan kompor saja. Pemanasan dengan kompor lebih hemat dibandingkan.

2. Memilih dan Mengurangi Peralatan Listrik di Dapur dengan Daya yang Rendah



         Peralatan dapur listrik seperti oven listrik, blender, mixer dapat membantu memudahkan anda mengolah makanan. Pilihlah peralatan dapur listrik berdaya rendah untuk menghemat energi secara signifikan. Lebih memilih menggunakan ulekan tradisional untuk menghaluskan bumbu daripada menggunakan Blender. Ulekan tradisional cukup efektif menghaluskan bumbu dalam waktu singkat. Lebih memilih tidak menggunakan mixer untuk membuat adonan yang jumlahnya sedikit.

3. Memasak Satu Kali Sehari


     Usahakan untuk sekali memasak dalam sehari. Memasak sekali sehari akan menghemat menghemat energi bahan bakar kompor dan waktu yang digunakan untuk memasak. 

4. Mematikan Kompor Sebelum Masakan Matang Sempurna


    Gunakanlah sisa panas pada wajan untuk membuat masakan matang sempurna dengan membiarkan masakan berada diatas kompor beberapa menit sebelum diangkat. Hal ini dapat membantu anda menghemat energi secara signifikan

5. Membeli Makan Jadi


      Apabila anda tidak sempat memasak, lebih baik membeli makanan jadi. Terkadang membeli makan jadi bisa lebih hemat, terutama jika hanya untuk satu orang atau untuk sekali makan dalam sehari. 

Semoga Bermanfaat!

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Green Tips: Hemat Energi di Dapur
Ditulis Oleh Vshaa
Berikanlah komentar atas artikel ini. Salam dari Kami, Team dari SMAN 1 Kediri
Comments
0 Comments