Green Tips: Hemat Energi pada Laptop

                      Green Tips: Hemat Energi pada Laptop

          Kondisi bumi sekarang ini sangatlah mengkhawatirkan. Berbagai kerusakan terjadi akibat ulah manusia seperti menebang pohon sembarangan, menggunakan kendaraan bermotor,dan Mengeksploitasi Sumber Daya Alam tanpa diiringi pelestarian menyebabkan alam menjadi rusak, salah satu dampaknya yaitu pemanasan global. Perilaku manusia yang cenderung boros energi perlu diatasi, untuk mengatasinya diperlukan kesadaran setiap orang untuk menjaga lingkungan. Sekecil apapun yang kita lakukan selama itu dapat membantu Bumi menjadi lebih baik, harus segera kita lakukan. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah menghemat energi pada laptop. 

Berikut ini hal-hal yang bisa kita lakukan saat memakai laptop, diantaranya :

1. Aturlah Brightness laptop digunakan agar baterai menjadi hemat


        Brightness laptop yang terlalu terang tidak baik untuk kesehatan mata dan membuat baterai boros energi. Aturlah brightness seminimal mungkin jika pencahayaan di sekitar Anda sudah mencukupi, atau gunakan sesuai ukuran kenyamanan mata Anda dengan menggunakan enggunaan Brightness di dalam Power Options > Change Plan Setting.

2. Matikan laptop apabila tidak digunakan untuk waktu yang lama.


          Membiarkan laptop menyala terus menerus padahal kita sedang tidak membutuhkannya adalah kebiasaan buruk. Biasanya kita malas mematikan laptop supaya saat ingin memakai bisa tinggal langsung pakai atau bisa juga karena tertidur. Banyak energi terbuang sia-sia jika kebiasaan buruk itu tidak segera diatasi. Jika memang masih malas mematikan, minimal pergunakan sleep mode yang sudah dijelaskan di atas.

3. Menggunakan Sleep Mode  saat ditinggal sebentar.

         Sleep Mode bisa dimanfaatkan untuk mematikan laptop apabila ditinggal sebentar, sementara masih banyak tugas yang harus dikerjakan. Sleep  Mode berguna untuk mengistirahatkan komputer sejenak tanpa harus mematikannya. Di dalam pengaturan Power Plans pada Windows juga terdapat Sleep Mode untuk mematikan layar monitor dengan otomatis.

4. Mematikan Perangkat yang Tidak Terpakai


          Penggunaan bluetooth ,wi-fi,flashdisk,modem USB,mouse dan perangkat-perangkat laptop lain  memerlukan energi. Alangkah baiknya jika kita matikan saja apabila tidak digunakan, sehingga bisa menghemat baterai lapto. Cabut perangkat  USB yang tidak dipakai agar energi tidak diserap tidak menjadi sia-sia.

5.Manajemen Power Plans


             Power Plans dapat digunakan untuk mengatur performa laptop kita. Ada 3 pilihan Power Plans, antara lain Power Saving, Balanced, dan High Performance. Windows sendiri menyarankan menggunakan Balanced untuk menyeimbangkan antara peforma dengan penggunaan baterai.

Semoga Bermanfaat!

 


Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Green Tips: Hemat Energi pada Laptop
Ditulis Oleh Vshaa
Berikanlah komentar atas artikel ini. Salam dari Kami, Team dari SMAN 1 Kediri
Comments
0 Comments