Green Tips : Pemanfaatan Energi Matahari



Green Tips : Pemanfaatan Energi Matahari 



           Di berbagai belahan dunia, energi matahari telah dimanfaatkan untuk menyediakan kebutuhan energi di berbagai negara. Energi matahari merupakan energi panas dan cahaya terbesar di bumi. Di daerah kita yaitu Indonesia mempunyai potensi energi surya yang melimpah. Namun, energi surya yang melimpah tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal. Padahal  jika kita mampu memanfaatkannya secara optimal maka kita juga akan memperoleh keuntungan yang sangat maksimal. Energi matahari sering disebut tenaga surya, artinya mengubah sinar matahari menjadi panas atau energi listrik untuk kebutuhan sehari-hari manusia.


        Berikut  kami akan menyajikan pemanfaatan energi matahari, antara lain :

1. PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Matahari)


        Semakin berkembangnya Industri dan pemukiman penduduk di dunia, maka semakin banyak konsumsi listrik yang diperlukan. Energi matahari sangat berpotensi sebagai PLTS  apalagi di wilayah yang disinari matahari tentu saja dapat menjamin produksi listrik. Konsep kerja PLTS yaitu mengkonsetrasikan cahaya matahari ke satu garis atau titik dengan kaca-kaca besar. Kemudian panas yang dihasilkan digunakan untuk menghasilkan uap panas dan tekanan uap panas yang tinggi digunakan untuk menjalankan turbin sehingga listrik dapat dihasilkan. Pada tahun 2015 kapasitas total pemasangan pembangkit tenaga panas matahari akan melampaui 5000 MW. Pada tahun 2020 penambahan kapasitas sampai 4500 MW setiap tahunnya dan total pemasangan kapasitas tenaga panas matahari di seluruh dunia dapat mencapai hampir 30.000 MW dan bisa menyediakan daya untuk 30 juta rumah.


2.Air Panas dan Penghangat Ruangan



       Energi matahari dapat digunakan untuk menyediakan air panas dan penghangat rumah kita dengan memasang pengumpul panas matahari  diatas atap rumah. Sekarang, teknologi tenaga panas matahari sangat efisien dan bisa diandalkan untuk diaplikasikan sebaga pemanas ruangan di perumahan, kolam renang, pendingin tenaga matahari, proses pemanasan industri  dan memproses air menjadi tawar. Di berbagai negara hal yang umum digunakan oleh apartemen. 


3. Pendingin Tenaga Matahari



     Cara kerja pendingin tenaga matahari sama sama dengan lemari es atau AC. Pendingin tenaga matahari telah sukses didemonstrasikan. Penggunaan skala besar dapat diharapkan di masa depan


Semoga Bermanfaat!

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Green Tips : Pemanfaatan Energi Matahari
Ditulis Oleh Unknown
Berikanlah komentar atas artikel ini. Salam dari Kami, Team dari SMAN 1 Kediri
Comments
0 Comments