Green Tips : Usaha Pencegahan Demam Berdarah


 Green Tips : Usaha Pencegahan Demam Berdarah

 

Demam Berdarah Dengue atau disingkat DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegipty atau Aedes albopictus berkelamin betina. Nyamuk berkaki belang-belang putih ini menggigit manusia di siang hari.
Virus dengue menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan sistem pembekuan darah sehingga mengakibatkan pendarahan, dan dapat menimbulkan kematian. Oleh karena itu, perlu adanya pencegahan mengenai penyakit ini terutama pada saat musim hujan ini.

Berikut beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan    :

1. Pemberantasan



            Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan cara; Menguras, menutup, mengubur barang bekas yang dapat menjadi tempat perindukan nyamuk.

2. Fogging atau pengasapan 

  
           
Foging dilaksanakan pada kasus-kasus dengan PE positif, 2 penderita positif atau lebih, ditemukan 3 penderita demam dalam radius 100 m dari tempat tinggal, penderita DBD Positif atau ada 1 penderita DBD meninggal.



3. Abatisasi




Yaitu dengan menaburkan bubuk abate ke dalam bak mandi atau tempat penampungan air. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah munculnya jentik-jentik sebagai awal terbentuknya nyamuk.


4. Sistem kewaspadaan dini




Pengobatan terhadap penyakit ini terutama ditujukan untuk mengatasi perdarahan, mencegah/mengatasi keadaan syok/presyok dengan mengusahakan agar penderita banyak minum, bila perlu dilakukan pemberian cairan melalui infus. Demam diusahakan diturunkan dengan kompres dingin atau antipiretika.

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Green Tips : Usaha Pencegahan Demam Berdarah
Ditulis Oleh Unknown
Berikanlah komentar atas artikel ini. Salam dari Kami, Team dari SMAN 1 Kediri
Comments
0 Comments