Ajari Green Living lewat Sekolah Alam

Ajari Green Living lewat Sekolah Alam



         Sekolah Alam adalah sebuah sekolah di Indonesia, berberapa kota memiliki sekolah alam dengan nama sendiri,salah satunya Kediri yaitu Sekolah Alam Ramadhani yang terletak di Mojoroto,Kediri.
Sekolah Alam ini mempunyai misi membangun sistem pendidikan berbasis alam dan potensi lokal sebagai pendidikan alternatif yang membebaskan yang dapat mendidik untuk mengembalikan manusia pada tujuan penciptaan: bertaqwa, berakhlaq dan berilmu.




       Sekolah alam adalah bentuk pendidikan alternatif yang mengenalkan alam sebagai tempat belajar, bahan mengajar dan juga sebagai objek pembelajaran. Para murid diharapkan bisa belajar dari alam, lingkungan sekitar dan mengaitkan pelajaran serta menerapkan ilmu yang didapat dengan kehidupan nyata sehari-hari.

   
      Para orang tua menyambut positif adanya Sekolah Alam ini, ibu rumah tangga yang tinggal berdekatan dengan Sekolah Alam Ramadhani berbondong-bondong mengantarkan anaknya untuk bersekolah disana. Mereka merasa orang tua perlu melatih anak dengan melakukan kegiatan langsung dengan alam. Jadi tidak hanya berkaitan dengan teori-teori seperti yang ada di sekolah pada umumnya. Sehingga anak lebih mencintai alam dan lingkungan tempat mereka berada serta memberikan pelajaran tentang kehidupan nyata pada mereka.
        
        Kelas yang digunakan tidak tertutup seperti kelas di sekolah formal melainkan berupa ruang belajar terbuka. Situasi belajar di alam terbuka menawarkan siswa untuk menghirup udara segar sambil menikmati keindahan alam sekitar. Konsep belajar melalui pengalaman yang didapat langsung sambil bermain dan berinteraksi di alam terbuka ini jelas membuat anak tidak mudah bosan saat belajar.
       
           Sekolah Alam tidak sekedar mengajarkan ilmu yang berkaitan dengan alam saja, melainkan juga pelajaran Seni Budaya seperti seni musik juga diperkenalkan. Yang pasti Anda dapat mengenalkan Green Living lewat Sekolah Alam pada anak Anda. Selain itu, Sekolah Alam dapat menjadi alternatif supaya anak menjadi lebih kreatif, aktif dan mengarahkan pada hal-hal positif dengan belajar mencintai alam.

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Ajari Green Living lewat Sekolah Alam
Ditulis Oleh Vshaa
Berikanlah komentar atas artikel ini. Salam dari Kami, Team dari SMAN 1 Kediri
Comments
0 Comments