Green Tips : Hemat Listrik Pemakaian AC


Green Tips   :   Hemat Listrik Pemakaian AC


         Pemakaian AC bukan suatu barang baru lagi buat kita yang tinggal di perkotaan, di kantor mengerjakan tugas, dan  di dalam mobil. Tanpa AC rasanya kita yang tinggal di perkotaan yang panas, padat dan penuh sesak, sehingga dapat mengganggu aktifitas kita. Akan tetapi pemakaian AC memerlukan listrik yang cukup besar. Dengan mengurangi pemakaian AC bisa menghemat uang dan memperpanjang umur AC. Bagaimana caranya?

     Simaklah tips-tips berikut ini :

1. Mengganti AC dengan membuat ventilasi di rumah adalah solusi yang tepat. 




        Buka jendela rumah untuk  menikmati AC alami. Memang kenyataannya sulit untuk memanfaatkan AC alami di Perkotaan, tapi cara ini perlu dicoba.



2. Memilih AC hemat energi dengan freon yang ramah lingkungan,seperti freon hidrokarbon atau R 22.

     Pilihlah AC yang mereknya jelas, harga terjangkau dan layanan servis yang memadai. Semakin AC yang kita pilih hemat listrik, berarti kita juga turut mendukung hemat pemakaian listrik dan cinta lingkungan.



3. Memakai timer agar AC menyala hanya pada saat dibutuhkan



       Jangan biarkan AC menyala sepanjang waktu, aturlah agar AC menyala selama 1-2 jam dan mati otomatis. Usahakan siang hari mematikan AC jika akan meninggalkan ruangan dalam waktu relatif lama.

4. Peliharalah AC secara rutin dengan membersihkan filter AC, coil kondensor dan sirip AC secara teratur tiap 3 bulan.  


        Bila AC digunakan pada ruangan dan tempat yang banyak debu, otomatis pembersihan dapat dilakukan 2 kali seminggu. Bila perangkat pendingin itu digunakan pada tempat dan ruangan yang jarang berdebu, maka pembersihan dapat dilakukan 1-2 bulan sekali.

5. Tutuplah semua ventilasi, jendela dan pintu agar udara dari luar tidak masuk dan kita dapat menikmati udara yang ditiupkan AC secara optimal.


      Dengan melakukan tips-tips diatas, kita bisa menghemat listrik sampai dengan 20%. Selain itu, kita juga bisa menghemat biaya pemakaian listrik di rumah.

SEMOGA BERMANFAAT!

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Green Tips : Hemat Listrik Pemakaian AC
Ditulis Oleh Unknown
Berikanlah komentar atas artikel ini. Salam dari Kami, Team dari SMAN 1 Kediri
Comments
0 Comments