Green Tips: Hemat Energi Lemari Es

Green Tips: Hemat Energi Lemari Es


        Lemari es adalah perangkat elektronik yang hampir ada disetiap rumah tangga. Dengan waktu 24 jam non stop, tentunya lemari es mengonsumsi energi listrik yang sangat besar
Meskipun lemari es hemat energi yang dapat mengurangi energi hingga 40 % dan bebas freon sekarang ini sudah mulai banyak . akan tetapi tetap saja lemari es termasuk  salah satu perangkat rumah tangga yang boros energi.Indonesia termasuk negara yang miskin listrik, setiap hari PLN melakukan pemadaman bergilir di kota-kota besar. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia kekurangan listrik. Indonesia masih mengandalkan sumber energi nonterbarukan seperti bahan bakar fosil yang tidak ramah lingkungan. Penggunaan energi berbahan bakar fosil meningkatkan pencemaran udara dan pemanasan global. Oleh karena itu menghemat energi dalam pemakaian kulkas perlu dilakukan. 
      Green Tips kali ini akan berbagi beberapa tips untuk mengurangi pemakaian listrik  pada Lemari Es, antara lain :
1. Tidak mengatur suhu dalam Lemari Es terlalu dingin. Idealnya adalah 2-4 derajat C untuk lemari pendingin dan -15 derajat Celcius untuk freezer. Semakin dingin setting temperatur lemari es akan membuat kinerja kompresor semakin lama  dan konsumsi listrik pun semakin besar.


2. Tidak terlalu sering membuka dan menutup pintu lemari es dan terlalu lama membuka pintu lemari es.  Setiap pintu lemari es terbuka 30 detik, membutuhkan hingga 30 menit untuk mengembalikan suhu dalam lemari es seperti semua. Proses ini tentunya membutuhkan konsumsi listrik yang sangat besar.

3. Tidak memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam Lemari Es. Makanan panas akan meningkatkan suhu dalam lemari es sehingga membutuhkan waktu untuk mengembalikan ke suhu semula.

4. Merawat lemari es dan memastikan komponennya berfungsi dengan baik. Periksalah karet pada pinggiran kulkas. Gantilah apabila terasa longgar, karena karet yang tidak rapat membuat udara dingin terbuang keluar.

5. Mematikan kulkas apabila bepergian dari rumah dalam waktu yang lama.
                
                                     

6. Membersihkan bagian-bagian kulkas secara teratur agar mesin bekerja lancar dan penyumbat saluran pembuangan serta udara oleh debu dapat dihindarkan.


7. Apabila lemari es telah berusia lebih dari 10 tahun, lebih baik menggantinya dengan yang baru. Pilihlah lemari es hemat energi memiliki logo Energy Star yang menunjukkan bahwa lemari es tersebut lebih hemat energi daripada lemari es pada umumnya  

      Nah,sudah tau kan bagaimana hemat energi dalam menggunakan Lemari Es? Dengan melakukan hal-hal diatas berarti kita ikut membantu mengurangi beban PLN dengan memakai listrik secara bijak, mengurangi pemanasan global, dan menghemat tagihan listrik di rumah.

Semoga bermanfaat!

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Green Tips: Hemat Energi Lemari Es
Ditulis Oleh Vshaa
Berikanlah komentar atas artikel ini. Salam dari Kami, Team dari SMAN 1 Kediri
Comments
0 Comments